Header Ads

Breaking News
recent

Festival Kampung Tani Sumbersari Kutai Kartanegara kedatangan Seniman Jepang

SENIMAN JEPANG: Junichi Usui (mainkan biola) dan grup musik Topa
saat mengiringi Aji Qomara Hakim yang membawakan lagu Kutai.
TENGGARONG – Seorang seniman Jepang, Junichi Usui, unjuk kebolehan dalam Festival Kampong Tani Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kamis (29/9) lalu.

Di atas panggung sederhana di Dusun Taman Arum, Junuchi Usui menyapa warga dengan menggunakan bahasa Indonesia, sebelum memainkan biola dan dua buah alat musik tiup khas Jepang.Seniman Jepang ini juga berkolaborasi dengan musisi lokal, Aji Qomara Hakim yang membawakan lagu khas Kutai berjudul Burung Enggang.

“Saya kaget begitu diberi tahu akan berkolaborasi dengan seniman Jepang, jadi ini konsepnya dadakan,” ujar Aji Qomara. Selain menyanyikan Burung Enggang, Aji Qomara juga berkolaborasi menyanyikan lagu khas Kutai lainnya diiringi permainan musik dari kelompok musik lokal Topa asal Tenggarong. “Festival ini luar biasa, meski sederhana dan digelar di sebuah kampung, tapi bisa mendatangkan seniman dari luar negeri seperti Junuchi Usui,” kata Aji Qomara.

Menurut Tri Andi Yuniarso dari Jaringan Kampung (Japung) Nusantara yang juga pentolan kelompok musik Topa, ia sejak beberapa waktu lalu memang mengundang Junuchi Usui datang ke Kutai Kartanegara.


“Dia (Junichi Usui, Red) memang kami undang untuk tampil di festival ini, bahkan ia rela datang menggunakan biaya sendiri ke sini,” kata Andi.Andi berharap, festival itu bisa menjadi kalender tahunan di Desa Sumber Sari. “Semoga festival yang murni dilaksanakan dari hasil swadaya masyarakat ini bisa memicu desa atau kampung-kampung yang lain agar bisa bersama-sama menggeliat, mengembangkan dan mengangkat serta melestarikan seni budaya dan potensi-potensi yang ada,” pungkasnya (korkal)

No comments:

Powered by Blogger.